• Posted by : Unknown Wednesday, November 28, 2018

    Modul 3 : Analisa Jaringan Wireless 
    3.1  Tujuan Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jaringan wireless yang telah ada pada suatu lokasi
    2. Mampu menggunakan Vistumbler atau  Netstumbler  3. Mampu menganalisa penggunaan frekuensi yang akan digunakan berdasarkan data yang ditampilkan oleh Netstumbler atau Vistumbler 
    3.2 Alat & Bahan Alat yang digunakan adalah :
    1. Laptop 
    2. Netstumbler atau VIstumbler
    3.3 Dasar Teori Jaringan wireless merupakan pengembangan dari jaringan LAN dimana setiap user yang akan mengakses jaringan internet menggunakan media gelombang radio yang dipancarkan oleh access point. Dalam pembangunan jaringan wireless ini terdapat beberapa parameter yang harus dipertimbangkan  yaitu : Survey lokasi, topologi jaringan, jarak, penggunaan antenna, towering, penggunaan daya antenna dan radio serta pemilihan gelombang radio. 
    Penggunaan Jaringan wireless yang menggunakan media udara untuk saling bertukar informasi diperlukan adanya pembedaan  link/jalan pada media udara tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan pemakaian frekuensi yang berbeda. Pemakaian frekuensi yang sama akan mengakibatkan interferensi yang selanjutnya mengganggu komunikasi paket data dalam jaringan. Untuk itu, dalam menganalisis kondisi wireless disekitar kita, perlu dilakukan device tuning yang bertujuan mengenali pemakaian frekuensi, channel, SSID, MAC address, dan kualitas sinyal terima, dengan harapan kita dapat melakukan analisis jaringan untuk selanjutnya melakukan perencanaan ataupun perbaikan jaringan.
    Adapun salah satu software yang dapat menunjukkan parameter tersebut diatas adalah software Vistumbler. Informasi yang diperoleh dari software ini adalah yaitu MAC address access point dan frekuensi operasinya, channel yang digunakan di access point, ESSID access point (jika dibroadcast), nama access point (jika dibroadcast) juga tingkat/level noise. Adapun tampilan Vistumbler ditunjukkan oleh gambar 3.1 dibawah ini.


    Modul Praktikum Jaringan Nirkabel  19


    Gambar 3.1 Tampilan  Vistumbler 

    Sedangkan untuk tampilan grafik dari vistumbler ditunjukkan oleh gambar 3.2 dibawah ini.


    Gambar 3.1 Tampilan  grafik Vistumbler 


    3.4 Latihan  1. Install aplikasi Netstumbler/ Vistumbler pada laptop masing-masing 2. Buka aplikasi netstumbler / Vistumbler  3. Scanning AP yang ada di daerah sekitar anda  4. Identifikasi SSID AP, kekuatan signal, MAC Addrees AP berikut level noise yang muncul. 5. Tentukan kanal yang kosong yang dapat digunakan untuk membangun jaringan wireless diarea anda.


    Modul Praktikum Jaringan Nirkabel  20


    3.5 Daftar Pustaka  [1] https://www.vistumbler.net/

    0 komentar

  • Copyright © - INDO html - INDO html - Powered by Blogger - Designed by inggisxXx